Cara pembibitan hidroponik

Cari Tahu Apa dan Bagaimana Cara Bercocok Tanam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula

GOODPLANT – Kini untuk bisa menyalurkan hobi bercocok tanam tidak lagi dibutuhkan lahan yang luas, kalau ternyata di halaman rumah sendiri juga bisa. Bahkan dengan bermodalkan botol bekas atau pipa, Anda sudah bisa melakukan kegiatan berkebun sendiri. Tanaman hidroponik namanya, namun sayangnya cara bercocok tanam hidroponik masih banyak yang belum paham.

Tidak hanya cara bercocok tanam hidroponik saja, namanya pun sepertinya belum banyak yang tahu. Padahal dengan metode hidroponik ini banyak yang sudah berhasil menikmati hasil panennya loh. 

Nah, sebagai pemula Anda pastinya penasaran bukan dengan metode hidroponik dan hal-hal apa saja yang dibutuhkan? Yuk simak ulasan hidroponik dibawah ini dengan baik!

Table of Contents

    Apa Itu Hidroponik dan Bagaimana Cara Bercocok Tanam Hidroponik Untuk Pemula

    cara bercocok tanam hidroponik

    Cara bercocok tanam hidroponik sebenarnya jauh lebih modern dan lebih fleksibel. Karena Anda tidak membutuhkan tanah sebagai media tumbuh tanaman yang ditanam. Intinya, bercocok tanam dengan metode hidroponik ini adalah penanaman yang dilakukan di dalam air yang mengandung campuran hara.

    Beda dengan media tanah yang membutuhkan air lebih banyak. Pada hidroponik kebutuhan air jauh lebih sedikit. Metode ini juga semakin berkembang dan semakin pesat penggunaannya, terutama bagi orang-orang yang ingin bercocok tanam namun terkendala pada lahan. 

    Pecinta tanaman hidroponik wajib berterima kasih pada Dr. WF. Gericke yang berasal dari Universitas California, Amerika Serikat. Karena beliau yang menemukan trik baru dalam dunia bercocok tanam. Yakni cara bercocok tanam hidroponik yang tidak lagi harus menggunakan media tanah sebagai lahan penanaman bibit. 

    Tidak sampai disitu, hasil panen dari metode hidroponik ini ternyata juga bisa dijadikan sebagai ladang bisnis. Bisa dijadikan sebagai ladang dari peluang usaha bagi Anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Jadi, tidak hanya bisa menikmati hobi, hasil panennya juga bisa dijual.

    Aspek-aspek Yang Harus Diperhatikan

    Saat ini cara bercocok tanam hidroponik mempunyai beberapa sistem. Dimulai dari praktik yang paling mudah sampai dengan tingkat kesulitan yang tinggi. 

    Hasil panen yang didapatkan dari metode ini juga termasuk cepat. Meski demikian Anda juga harus memperhatikan beberapa aspek lainnya guna menjaga tanaman tetap tumbuh dengan baik. 

    Adapun aspek yang harus Anda perhatikan diantaranya adalah :

    Ketepatan dalam pemberian nutrisi

    Tidak hanya pada manusia, nutrisi pada tumbuhan juga sangat diperlukan. Karena tanaman yang kekurangan nutrisi akan tumbuh menjadi tanaman yang kurang gizi. 

    Adapun nutrisi dalam cara bercocok tanam hidroponik, yang diperlukan oleh tumbuhan diantaranya ada 13 diantaranya yaitu unsur nitrogen, fosfor, kalsium, besi, mangan, magnesium, sulfur, zinc, molibdenum, boron, cufrum, juga kalium dll. 

    Unsur lainnya diperlukan juga namun tanaman bisa dapatkan dari alam yaitu Carbon, Hidrogen dan Oksigen.

    Kualitas Air

    Karena air merupakan media utama yang dipakai pada metode hidroponik, maka dibutuhkan kualitas air yang sangat baik. Air yang kotor atau sudah terkena polusi tidak baik untuk metode ini. 

    Cara agar mendapatkan kualitas air yang baik dan bagus untuk tanaman hidroponik dapat dilihat dari warna, bau, rasa, termasuk dengan derajat keasaman. Air yang baik untuk tanaman hidroponik sebaiknya memiliki pH 6-7 dengan Ppm atau EC mendekati 0.

    Cahaya

    Sama dengan tanaman pada umumnya, tanaman hidroponik juga membutuhkan kualitas cahaya yang baik. Menariknya tanaman ini ternyata tidak hanya bisa dilakukan di luar ruangan saja loh! Tetapi juga bisa dilakukan di dalam ruangan atau indoor.

    Nah, kalau Anda ingin mencoba metode hidroponik secara indoor. Maka Anda harus membuat lampu atau cahaya buatan yang diletakkan dekat dengan tanaman selama kurang lebih 8-10 jam perhari.

    Suhu

    Berbeda dengan tanaman yang ditanam pada media tanah, tanaman hidroponik termasuk tanaman yang sedikit agak manja. Maksudnya Anda harus telaten dalam mengukur suhu yang pas untuk tanaman. 

    Tiap tanaman membutuhkan suhu udara yang berbeda tergantung jenisnya. Umumnya sayuran membutuhkan suhu udara dingin. Itu kenapa pusat perkebunan biasanya di pegunungan. Hanya beberapa jenis saja yang bisa di dataran rendah dengan suhu panas salah satunya melon

    Oksigen

    Terakhir adalah memperhatikan oksigen yang masuk pada tanaman. Anda sangat disarankan untuk menjaga kadar oksigen dalam air, dengan begitu akar pada tanaman bisa menyerap nutrisi dengan baik. 

    Sebaiknya gunakan wadah yang tidak tembus cahaya, serta ganti air nutrisi dalam tanaman paling lama sebulan satu kali. 

    Cara Hidroponik Bagi Pemula

    Anda kini sudah tahu dan paham dengan aspek-aspek penting yang harus diperhatikan dalam Cara bercocok tanam hidroponik. Maka langkah selanjutnya adalah mengikuti langkah-langkah yang tepat untuk membuat tanaman hidroponik bagi pemula.

    Untuk seorang pemula, hal yang harus Anda perhatikan pertama kali adalah nutrisi dalam air. Yang mana sudah benar-benar tepat dan dapat terserap dengan sempurna pada tumbuhan.

    Ada dua cara menanam yang bisa Anda lakukan. Yakni NFT (Nutrient Film Technique) dan Wick System. 

    Keduanya merupakan metode yang diambil dari Cybertex Pertanian dari situs Kementerian Pertanian RI untuk Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian.

    NFT (Nutrient Film Technique)

    Cari Tahu Apa dan Bagaimana Cara Bercocok Tanam Hidroponik Yang Tepat Untuk Pemula - Blog Belajar Hidroponik

    Berikut akan dijabarkan cara membuat instalasi Hidroponik NFT. Cara ini sederhana dan bisa diterapkan dirumah.

    • Langkah pertama adalah menyiapkan beberapa pipa atau talang dan pompa.
    • Kemudian buat lubang pada pipa sesuai dengan panjangnya. Buatlah jarak antara satu lubang dan lubang yang lain sama.
    • Taruh dan susun talang atau pipa ditempat yang sesuai untuk menjadi tempat menanam tanaman.
    • Persiapkan juga penampung yang lebih rendah pada ujung pipa.
    • Siapkan pompa dan pasang dengan baik agar air mampu mengalirkan nutrisi dengan aliran yang maksimal

    Cara yang dilakukan pada langkah pertama ini memiliki konsep dasar yang baik. Yakni menanam akar tanaman tumbuh pada bagian lapisan nutrisi yang tidak dalam serta bisa menjaga sirkulasinya. Dengan maksud tanaman tetap mendapatkan nutrisi, oksigen, sampai dengan air secara baik juga tercukupi pastinya.

    Wick System

    What Is Wick System Hydroponics? || Goodplant

    Langkah atau metode kedua dari cara pembibitan hidroponik ini sebenarnya juga tidak kalah dengan langkah yang pertama. Bahkan cara yang kedua ini cenderung lebih banyak peminatnya, karena cara buat dan bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah didapat dan yang pastinya lebih murah, atau bisa memanfaatkan barang-barang bekas juga loh!

    Adapun bahan-bahan yang diperlukan diantaranya adalah :

    1. Botol bekas air mineral
    2. Cutter atau alat pemotong
    3. Sumbu kompor atau bisa juga menggunakan kain flanel
    4. Solder atau paku untuk melubangi botol
    5. Air nutrisi yang bisa Anda beli di toko hidroponik seperti di GOODPLANT.

    Cara untuk membuatnya adalah :

    • Botol bekas dipotong menjadi 2 bagian.
    • Lalu tutup botol dilubangi
    • Kedua bagian botol kemudian digabungkan. Caranya balik bagian moncong botol menghadap ke bawah.
    • Pada lubang di tutup botol dipasang sumbu kompor atau kain flanel, pastikan dengan benar kalau sumbu atau kain bisa menyerap air nutrisi dengan baik.
    • Pada bagian atas botol Anda bisa memasukkan atau tanam bibit tanaman dengan tanah secukupnya saja.
    • Terakhir pada bagian botol bawah diisi dengan air nutrisi.

    Maka untuk membuat tanaman dengan cara pembibitan hidroponik pun sudah bisa Anda lakukan dengan mudah. Bagaimana, menarik sekali bukan? Kalau Anda sedang mencari kebutuhan hidroponik, maka Anda bisa langsung ke Store GOODPLANT saja yah! Selamat mencoba!

    Default image
    Lyla GOODPLANT
    Articles: 14

    Leave a Reply

    CV GOODPLANT Indonesia

    Jl Kadisoka Gg Nanas 5 No 21 Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

    Jam kerja Senin-Sabtu 08.00-16.00

    0822 2727 3232

    HOME
    STORE
    ECOURSE
    AKUN