cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana

2 Cara Membuat Larutan Nutrisi Hidroponik Sederhana Dengan Bahan yang Mudah Ditemukan di Sekitar Kita

Goodplant – Boomingnya sistem hidroponik mengundang banyaknya percobaan dan praktek yang lebih mendalam di bidang ini. Dimulai dari hal nutrisi sebagai bahan utama hidroponik. Cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana adalah cara membuat larutan nutrisi dengan bahan yang ada dan mudah ditemukan di sekitar kita.

Table of Contents

    Larutan nutrisi yang kita temukan di pasaran adalah jenis larutan nutrisi A dan larutan nutrisi B yang kerap disebut dengan larutan AB mix. Larutan AB mix mudah di dapat di toko-toko pertanian seperti contohnya larutan Nutrisi Goodplant 0,5 L. Jika untuk kebutuhan yang lebih banyak, juga tersedia larutan nutrisi dengan ukuran lebih besar.

    Cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana siap pakai ini sangat mudah, yaitu tinggal mengerjakannya sesuai dengan tulisan yang berada di dalam kemasan. Perhatikan dengan seksama petunjuk di kemasan nutrisi siap pakai yang Anda beli untuk hasil maksimal.

    Cara Membuat Larutan Hidroponik Sederhana Siap Pakai 

    Cara Membuat Larutan Hidroponik Sederhana Siap Pakai || Good Plant

    Cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana yang siap pakai juga sering dilakukan. Yakni menggunakan larutan ABMix adalah larutan yang terdiri dari dua larutan yaitu larutan A dan larutan B. Cara melarutkan larutan ini untuk 10 liter air adalah sebagai berikut.

    1. Siapkan 2 wadah (ember atau kaleng bekas). Masing-masing diisi  dengan 5 liter air sumur jangan air PAM. Jika air PAM harus diendapkan semalam. Tandai masing-masing dengan huruf A dan B.
    2. Isi wadah A dengan 4L air. Lalu campurkan bubuk nutrisi A  dan aduk rata. Tambahkan agi air hingga mencapai  5 liter. Larutan pekatan A sudah jadi.
    3. Untuk larutan B lakukan hal yang sama dengan langkah kedua.
    4. Masukan kedua cairan yang jadi ke dalam jerigen tertutup.Jangan lupa untuk memberikan nama sebagai identitas. 

    Kedua larutan yang sudah jadi adalah masih bersifat larutan pekatan. Maksudnya belum siap untuk langsung dituangkan ke dalam air untuk sistem hidroponik. Agar bahan ini siap digunakan, Anda harus mencampurnya lagi dengan air sumur atau air yang tersedia di lahan Anda.

    Cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana kemudian mengencerkan larutan pekatan agar larutan benar-benar siap pakai.

    1. Masukkan 5 ml larutan pekatan A dengan 1 L air sumur. Lakukan hal yang sama dengan larutan B sehingga menghasilkan larutan pekatan A dan B yang telah diencerkan. Jika larutan A dan B langsung dicampur tanpa diencerkan terlebih dahulu, maka akan terjadi gumpalan atau endapan
    2. Untuk membuat lima liter larutan A atau B siap pakai maka harus melarutkan 25 ml larutan A dengan lima liter air. Begitu juga dengan larutan B. Larutkan 25 ml pekatan dengan 5 L air. Sehingga bisa didapat 5 L larutan A dan 5 L larutan B.
    3. Perhatikan petunjuk pengenceran dan pencampuran yang ada pada kemasan.  Termasuk hal mengenai nilai PPM larutan yang akan berubah jika tidak sesuai dengan aturan dan bisa berbahaya bagi tanaman jika digunakan.

    Demikianlah cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana siap pakai AB Mix. Selain AB Mix anda juga bisa membuat nutrisi hidroponik sederhana dari bahan yang ada di sekitar kita, yaitu dari daun kering dan nasi basi. Berikut cara pembuatannya.

    Cara Pembuatan Larutan Hidroponik Sederhana dengan Bahan yang Ada 

    Cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana menggunakan bahan yang ada yaitu nasi basi dan daun kering. Berikut ini langkah yang harus dilakukan.

    Nasi Basi

    Cara Pembuatan Larutan Hidroponik Sederhana dengan nasi basi || Goodplant

    Langkah dan cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana dari nasi basi.

    1. Persiapkan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan yaitu: 4 genggam nasi basi, 1 gayung air sumur, ½ kg gula pasir.
    2. Cara membuat: Tuangkan nasi basi dalam sebuah wadah kecil lalu tutup dengan kertas atau daun kering. Diamkan selama berhari-hari sampai muncul jamur berwarna kekuningan. Hal ini untuk memperbanyak mikroorganisme pada nasi basi.
    3. Langkah selanjutnya didihkan air dan masukkan gula, aduk sampai larut. Larutan gula dingin dapat digunakan sebagai penutrisi.
    4. Masukkan air gula dingin ke dalam nasi basi. Aduk rata dan pastikan semua adonan nasi terendam air gula.
    5. Setelah tercampur, simpan ke dalam toples dan ditutup rapat. Kemudian diamkan selama satu minggu.
    6. Untuk penggunaannya bisa dicampurkan dengan air sumur dengan perbandingan 1 : 5.

    Daun Kering

    Cara Pembuatan Larutan Hidroponik Sederhana dengan daun kering || Goodplant

    Cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana dengan bahan lain adalah dengan daun kering. Adapun langkah dan caranya adalah sebagai berikut:

    1. Persiapkan bahan yang dibutuhkan. Bahan yang dibutuhkan yaitu: sekarung daun kering, 1 bongkah gula merah utuh, 20 L air sumur , dan 10cc dekomposer.
    2. Haluskan daun-daun kering dan gula merah hingga hancur dan tercampur rata. Setelah itu tuangkan air ke dalam hancuran daun hingga semuanya larut dan mencair.
    3. Masukkan dekomposer dan diamkan dalam kondisi tertutup dalam 10 hari. Nutrisi siap digunakan di hari berikutnya.

    Demikian dua cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana dari bahan di sekitar kita. Selain larutan nutrisi kita juga perlu memperhatikan kualitas air dan hal lain agar tanaman hidroponik kita tumbuh maksimal.

    3 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Optimal

    3 Hal yang Perlu Diperhatikan Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Optimal || Goodplant

    Apapun larutannya hidroponiknya, ada hal penting yang perlu diperhatikan ketika akan menuangkan larutan nutrisi yaitu, kualitas air, kondisi nutrisi, dan kondisi lingkungan dan perakaran tanaman. 

    Tidak hanya cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana, tetapi juga memperhatikan 3 hal itu. Semuanya agar bagaimana tanaman hidroponik tumbuh optimal.

    Kualitas air

    Seperti sudah dipahami bersama, media tanam utama hidroponik adalah air. Sehingga kualitas air memegang peranan penting sebelum melangkah ke penanaman.

    Kualitas air bisa terindikasi dari kandungan pH-nya. PH ideal air dalam menanam hidroponik adalah antara 5,5 – 7,5. PH yang terlalu asam (di bawah 5,5) akan menyebabkan sel tanaman menjadi rusak. Sedangkan pH diatas 7,5 (basa) dapat menghalangi kinerja akar dalam menyerap nutrisi.

    Selain pH, kandungan mineral juga mempengaruhi kemampuan akar menyerap nutrisi pada air. Nilai air mineral air tanah biasanya lebih rendah dari air PAM. Air mineral yang tinggi akan menghambat penyerapan air ke dalam akar tanaman, sehingga pertumbuhan akar terganggu. Oleh sebab itu disarankan agar menggunakan air sumur untuk hidroponik.

    Kondisi nutrisi

    Selain kandungan unsur hara, kondisi nutrisi juga perlu dicek pH-nya, EC, dan ppm  pada larutan nutrisi agar dapat disesuaikan dengan kondisi tanaman yang akan dibudidayakan. Hal itu disebabkan karena nilai toleransi masing-masing tanaman berbeda-beda.

    Alat pengukur pH , EC dan TDS meter Goodplant juga terdapat di toko online dan siap untuk diantarkan kepada para pemesan. 

    Kondisi perakaran

    Terakhir dan tak kalah penting adalah kondisi perakaran yang mampu menerima nutrisi. Pastikan seluruh instalasi terpasang dengan benar, sehingga larutan nutrisi dapat menyentuh semua perakaran tanaman yang ada. Pastikan juga akar-akar tanaman dalam keadaan sehat dan tidak membusuk. Tumbuhan yang sehat pasti berakar sehat. Lain lagi jika tumbuhan terlihat layu atau kerdil.

    Demikian cara membuat larutan nutrisi hidroponik sederhana dan hal-hal lain yang perlu diperhatikan untuk pertumbuhan hidroponik yang optimal. Untuk kebutuhan hidroponik, Anda juga bisa mendapatkannya secara online melalui Store Goodplant.  Semoga bermanfaat.

    Default image
    Lyla GOODPLANT
    Articles: 14

    Leave a Reply

    CV GOODPLANT Indonesia

    Jl Kadisoka Gg Nanas 5 No 21 Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

    Jam kerja Senin-Sabtu 08.00-16.00

    0822 2727 3232

    HOME
    STORE
    ECOURSE
    AKUN