Nutrisi Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya

Nutrisi Tanaman Hidroponik dan Manfaat Positifnya

GOODPLANT – Pandemi covid-19 yang mulai masuk ke Indonesia semenjak awal tahun 2020, membuat gaya hidup masyarakat berubah. Kini masyarakat umum diminta untuk lebih banyak beraktivitas di rumah. Berani menggunakan hidroponik pun menjadi pilihan untuk menghilangkan bosan. Ilmu tentang nutrisi tanaman hidroponik pun semakin banyak dicari.

Table of Contents

    Banyak alasan kenapa saat ini hidroponik menjadi cara cocok tanam yang digemari. Selain untuk menghilangkan jenuh karena tidak dapat keluar rumah. Tanaman hasil budidaya hidroponik juga dapat dijual dengan harga lumayan tinggi. Selain itu tidak dibutuhkan lahan atau kebun dalam ukuran luas agar bisa bercocok tanam. Sehingga sangat cocok untuk masyarakat kita yang ingin mencoba menanam sayur.

    Sedang tanaman yang kerap menjadi pilihan untuk dibudidayakan adalah tanaman atau sayuran hijau. Perkembangan tanaman yang tumbuh dengan media pengganti selain tanah ini, mampu berkembang pesat. Panen pun dapat dilakukan dalam tempo yang lebih singkat. Hasil panen juga lebih banyak dari cara bertani konvensional.

    Cara Memberikan Nutrisi Tanaman Tambahan

    Nutrisi Tanaman Hidroponik dan Manfaatnya || Goodplant

    Nutrisi tanaman hidroponik dapat dibeli pada toko pertanian maupun toko hidroponik. Bisa juga membuat nutrisi hidroponik sendiri. Namun membuat pupuk sendiri ini juga tidak mudah, sebab dibutuhkan takaran yang pas untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Takaran untuk tanaman juga berbeda-beda, sesuai dengan jenisnya. 

    Di pasar biasanya ada dua jenis nutrisi AB MIX yang dapat dibeli dengan mudah. Yakni nutrisi bentuk padat dan nutrisi berbentuk cairan. Meski begitu, yang paling mudah ditemukan berupa nutrisi padat. Bentuknya berupa serbuk padat yang harus dilarutkan terlebih dahulu dengan air dalam jumlah tertentu. Air yang bisa digunakan yaitu semua jenis sumber air namun dengan ppm atau EC serendah mungkin. Jika menggunakan air PDAM harus didiamkan dahulu beberapa hari sampai kaporitnya hilang.

    Dosis nutrisi yang harus ditambahkan pada air memiliki aturan tersendiri. Sedangkan rumus umumnya adalah. 

    5ml A + 5ml B + 1 liter Air Baku

    Artinya adalah menambahkan 5 ml stok nutrisi A + 5 ml stok nutrisi B, kemudian dicampur dengan 1 liter air baku. Sedang jika air baku yang digunakan melebihi 1 liter, takarannya bisa disesuaikan dengan jumlah air baku. Misalnya air yang digunakan adalah 5 liter, maka rumusnya menjadi begini. 

    25ml A + 25ml B + 5 liter Air Baku. 

    Sedangkan larutan nutrisi tanaman hidroponik dapat diberikan ketika tanaman mulai disemai. Ketika mulai muncul tunas, maka nutrisi yang digunakan memiliki kandungan ppm rendah. Kandungan ppm yang digunakan adalah 200-400. Jika tanaman telah dipindah ke instalasi hidroponik, maka kandungan yang digunakan adalah 800 – 1500 ppm tergantung jenis tanaman.

    Pemberian nutrisi tanaman hidroponik tambahan ini diberikan setiap hari dengan kandungan ppm yang dinaikkan secara bertahap. Hingga nantinya nutrisi yang diberikan mencapai nilai maksimal sesuai jenis tanaman. Contohnya Sawi yang membutuhkan nilai maksimal 1.200 ppm dengan masa tanam 30 – 40 hari. Pembibitan 200 – 400 ppm, pindah tanam remaja 1200 ppm, pindah tanam dewasa 1200 ppm.

    Pemberian secara bertahap ini dilakukan agar tanaman Sawi dapat berkembang dengan sempurna. Sehingga ketika tiba masa panen, Sawi dapat dipanen dan dijual dengan harga yang tinggi. 

    Manfaat Nutrisi Tanaman Hidroponik

    Nutrisi Tanaman Hidroponik dan Manfaat Positifnya - Blog Belajar Hidroponik
    Kebun Hidroponik GOODPLANT

    Sebagaimana tanaman lain, tanaman yang dikembangkan dengan metode hidroponik membutuhkan nutrisi yang cukup. Nutrisi tanaman hidroponik dalam jumlah yang tepat, akan membantu pertumbuhan tanaman menjadi lebih maksimal. Nutrisi juga memberikan tambahan unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman pada media tanam.

    Pada dasarnya, tumbuhan dapat memperoleh unsur hara bermanfaat yang terdapat pada tanah. Namun karena menggunakan sistem hidroponik, maka unsur hara tersebut diperoleh dari nutrisi yang disediakan oleh petani. Unsur hara tersebut akan mendukung tumbuh kembang batang dan daun tanaman.

    Nutrisi yang diberikan pada tanaman tidak bisa menggunakan bahan tambahan sembarangan. Ada zat-zat khusus yang harus ada pada nutrisi tersebut. Dengan tujuan tanaman yang sedang dibudidayakan tidak kekurangan unsur hara. Misalnya fosfat untuk pertumbuhan akar. Kalium, kalsium, magnesium, dan sulfur juga dibutuhkan agar tanaman bisa melakukan Fotosintesis. Totalnya ada 13 unsur hara yang harus diberikan ke semua jenis tanaman.

    Semua nutrisi tersebut sangat dibutuhkan oleh tanaman agar dapat tumbuh dengan maksimal. Bila kekurangan unsur hara tersebut, tanaman akan menjadi kerdil, dan bisa saja terjadi gagal panen. Sehingga petani akan mengalami kerugian, baik dari segi biaya maupun waktu yang terbuang. 

    Cara Membuat Nutrisi Tanaman Hidroponik Sendiri 

    Nutrisi Tanaman Hidroponik dan Manfaat Positifnya - Blog Belajar Hidroponik
    Produksi Nutrisi GOODPLANT

    Anda dapat membuat nutrisi tanaman hidroponik sendiri di rumah jika sudah menguasai ilmu meracik nutrisi Hidroponik. Adapun bahan dan alat yang dibutuhkan ada pada daftar di bawah ini.

    Bahan

    1. Timbangan digital
    2. Centong plastik
    3. Ember
    4. CaNO3, KNO3, MgSO4, KH2PO4, NH4H2PO4, Fe EDTA, MnSO4, ZnSO4, CuSO4 dll
    5. Air

    Cara Membuat

    1. Timbang semua bahan sesuai perhitungan formula suatu jenis tanaman.
    2. Masukkan dalam ember.
    3. Tambahkan air sampai larut.

    Namun, meskipun nutrisi tanaman hidroponik dapat dibuat sendiri dengan menggunakan bahan alami. Hasilnya belum tentu dapat sebaik harapan para petani. Pasalnya campuran bahan yang digunakan hanya menggunakan ilmu kira-kira saja. Bahkan campuran yang salah, bisa membuat tanaman menjadi gagal tumbuh. Hal ini menyebabkan formula kandungan bahan yang tidak seimbang.

    Agar tanaman yang Anda budidayakan dengan menggunakan sistem hidroponik ini dapat berkembang sempurna. Lebih baik gunakan nutrisi tanaman hidroponik yang dibuat oleh perusahaan terpercaya. Salah satunya adalah nutrisi pupuk dengan merk GOODPLANT.

    Anda dapat membeli produk pupuk ini melalui toko online yang kami miliki. Karena kami menyediakan berbagai kebutuhan hidroponik Anda dari A – Z dan semuanya berkualitas.

    Default image
    Lyla GOODPLANT
    Articles: 14

    Leave a Reply

    CV GOODPLANT Indonesia

    Jl Kadisoka Gg Nanas 5 No 21 Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

    Jam kerja Senin-Sabtu 08.00-16.00

    0822 2727 3232

    HOME
    STORE
    ECOURSE
    AKUN