Cara Hidroponik Sederhana Untuk Pemula

Sejarah dan 3 Tata Cara Hidroponik Sederhana Untuk Pemula

GOODPLANT – Hidroponik sendiri artinya adalah cara bercocok tanam tanpa menggunakan media tanah. Berbeda dengan cocok tanam tradisional yang menggunakan tanah, hidroponik menggunakan media lain. Meski tanaman juga memiliki kesuburan yang sama. Tata cara hidroponik sederhana untuk pemula pun semakin banyak dicari, karena minat masyarakat yang tinggi.

Table of Contents

    Meski hidroponik sudah populer di tengah masyarakat. Namun masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui bagaimana menanam dengan cara hidroponik. Sehingga banyak yang memilih untuk tetap menanam dengan media tanah saja. Padahal, cara hidroponik sederhana untuk pemula tidak susah, tidak jauh berbeda dengan cara tanam konvensional.

    Sejarah Hidroponik

    cara hidroponik sederhana untuk pemula || GoodPlant

    Sebelum memulai menanam dengan cara hidroponik sederhana untuk pemula, tidak ada salahnya untuk mempelajari sejarah terlebih dulu. Baru kemudian mempelajari cara menanam dengan menggunakan hidroponik ini. Serta mengetahui keuntungan yang diperoleh dari hidroponik.

    Teknik ini sebenarnya adalah teknik menanam dengan air. Berasal dari kata hidros dan ponos yang berasal dari bahasa Yunani. Hidro artinya air, sedang ponos berarti mengerjakan. Bisa dikatakan hidroponik adalah metode cocok tanam modern. Berbeda dengan metode konvensional yang mengandalkan tanah.

    Hidroponik ini bermula dari jurnal penelitian oleh Francis Bacon pada tahun 1627. Semenjak itu para peneliti mulai tertarik untuk mencoba peruntungan dengan media tanam selain tanah. Salah satunya adalah John Woodward. Pada tahun 1699 beliau mencoba menanam di air jernih. Namun hasilnya kurang bagus karena tanaman kekurangan nutrisi. 

    Baru pada tahun 1842, Julius von Sachs dan Wilhelm Knop  menemukan nutrisi yang tepat untuk pertumbuhan tanaman. Pada tahun-tahun berikutnya dimulai penelitian untuk membuat nutrisi tersebut larut pada cairan. Para peneliti bertekad untuk membuat terobosan metode tanam baru yang lebih subur daripada menggunakan tanah.

    Masuk ke abad 20,tepatnya tahun William Frederick Gericke menemukan metode hidroponik. Hanya saja pada saat itu namanya adalah aquaculture atau budidaya perairan. Namun ternyata sebelumnya nama itu sudah dipakai untuk mengembangbiakan hewan air. Jadi istilahnya diganti menjadi hidroponik. Saat itu yang digunakan adalah cara hidroponik sederhana untuk pemula. 

    Dalam penelitian tersebut William Frederick Gericke berhasil menanam tomat dengan ketinggian 25 kaki. Sedang ketinggian normal tomat yang ditanam pada media tanah, tidak bisa mencapai ketinggian yang sama. Sejak saat itu cocok tanam menggunakan hidroponik mulai populer ke seluruh dunia, termasuk Indonesia.

    Tata Cara Hidroponik Sederhana Untuk Pemula

    Tata Cara Hidroponik Sederhana Untuk Pemula
|| GoodPlant

    Hidroponik awalnya dikembangkan untuk mengatasi pertanian di daerah yang kurang subur. Tanah yang tidak potensial untuk ditanami seperti berpasir, tekstur tanah lempung, mengandung banyak kapur, diatasi dengan metode hidroponik. Oleh sebab itu hidroponik dibuat dengan metode yang sederhana bahkan mudah.

    Seiring perkembangan zaman, lahan pertanian pun semakin sempit. Sedang kebutuhan akan pangan terus meningkat. Jadi hidroponik menjadi solusi tepat bagi yang ingin menanam tetapi tidak memiliki lahan luas. Hidroponik ini dapat dilakukan di atap gedung atau ruang terbatas lain. Adapun cara hidroponik sederhana untuk pemula juga bisa dilakukan dengan mudah.

    Hidroponik Sistem Wick

    Hidroponik Sistem Wick || GoodPlant

    Bagi para pemula yang ingin mencoba peruntungan dengan hidroponik, bisa mencoba cara hidroponik sederhana untuk pemula dengan sistem Wick ini. Tanaman yang bisa dibudidayakan menggunakan hidroponik sistem Wick umumnya hanya memerlukan air dalam jumlah sedikit. Contoh tanaman tersebut adalah selada atau sayuran hijau lainnya. 

    Hanya saja dalam metode Wick, petani tidak boleh lupa untuk terus memberikan unsur hara pada tanaman. Proses penyiraman juga masih dibutuhkan oleh tanaman agar tumbuh semakin subur. Sedangkan cara penanaman sistem Wick adalah sebagai berikut.

    1. Siapkan botol bekas air mineral, lalu potong menjadi 2 bagian.
    2. Panaskan paku untuk melubangi tutup botol.
    3. Gabungkan kedua bagian botol yang telah dipotong tadi dengan bagian tutup botol menghadap bawah.
    4. Cari kain flanel atau kain lain yang bagus dalam menyerap air.
    5. Pasang kain tersebut menjadi sumbu yang menghubungkan bagian atas dan bawah botol yang telah disambung tadi.
    6. Isi bagian bawah botol dengan air nutrisi yang dibutuhkan dalam hidroponik.
    7. Bagian atas botol bisa Anda tambahkan cocopeat atau sekam bakar secukupnya.
    8. Tanam bibit sayuran yang ingin dibudidayakan pada botol berisi sekam bakar tersebut.

    Seperti keterangan sebelumnya,nutrisi pada bagian bawah botol harus rutin diganti agar tanaman tidak kekurangan nutrisi. Peletakan bibit juga sebaiknya diletakkan sedekat mungkin dengan nutrisi, agar semua kebutuhan zat hara dapat diserap dengan baik. Cara hidroponik sederhana untuk pemula ini cukup efektif. 

    Hidroponik Sistem NFT, Cara Hidroponik Sederhana Untuk Pemula 

    Hidroponik Sistem NFT, Cara Hidroponik Sederhana Untuk Pemula || GoodPlant

    Cara hidroponik sederhana untuk pemula lainnya adalah hidroponik sistem NFT ini lebih sering disebut dengan metode hidroponik menggunakan pipa oleh masyarakat luas. Sebutan ini juga tidak bisa dikatakan salah, sebab alat yang dipergunakan memang memakai pipa atau talang air. Cara ini lazim digunakan dalam skala industri atau rumahan.

    Sistem NFT mulai dikenal semenjak tahun  1960-an. Pengembangnya adalah Dr. A.J Cooper di Glasshouse Crops Little Research Institute Littlehampton. Metode ini mengandalkan sistem pengairan yang harus menerima sirkulasi oksigen secara rutin. Nutrisi yang didapat oleh tanaman juga harus optimal agar tumbuh subur. 

    1. Terlebih dulu siapkan gully sebagai media hidroponik. 
    2. Lubangi pipa-pipa tersebut, jarak antar lubang dapat disesuaikan dengan jenis tanaman. 
    3. Pasang gully tersebut dengan sudut kemiringan 3 hingga 5°.
    4. Persiapkan tandon nutrisi di bagian bawah gully tersebut. 
    5. Tandon nutrisi ini bisa dibuat dari drum biasa atau menggunakan tandon air. Ukuran nutrisi dalam tandon nutrisi ini adalah 0,5 liter x jumlah lubang tanam. 
    6. Pasang pompa akuarium untuk mengalirkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. 
    7. Masukkan media tanam ke dalam netpot yang telah dipersiapkan. 
    8. Letakkan net tersebut di lubang yang tadi dibuat pada pipa air. 

    Konsep hidroponik metode NFT ini adalah tanaman yang tumbuh subur berkat sirkulasi nutrisi yang terjaga. Kebutuhan tanaman akan oksigen dan nutrisi tetap tercukupi meski tidak menggunakan tanah. Tanaman yang cocok untuk metode ini adalah tanaman sayur-sayuran. 

    Hidroponik Sistem Apung / System Floating

    Hidroponik Sistem Apung / System Floating || GoodPlant

    Sistem ini bisa dikatakan sistem hidroponik paling sederhana dan gampang dilakukan oleh pemula. Biaya yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau. Pasalnya dapat menggunakan barang bekas yang dapat menampung air. Konsep utamanya adalah mendekatkan akar tanaman atau merendamnya ke dalam bak yang terisi oleh nutrisi.

    Agar akar tanaman dapat terendam dalam larutan nutrisi, dibutuhkan media tanam yang dapat mengapung. Ada banyak media yang bisa mengapung di atas air, tapi yang paling mudah dan murah bahan styrofoam. Sebelumnya styrofoam harus dilubangi seukuran netpot, lalu diberi jarak sesuai dengan jenis tanaman. Penempatan jarak antar lubang ini harus diperhatikan dengan seksama. 

    Sedang bak yang diperlukan minimal dapat menampung air dengan ketinggian 20 cm. Bak yang digunakan bisa terbuat dari plastik. Namun untuk penanaman dalam skala lebih besar, dibutuhkan terpal dengan rangka baja, kayu atau besi. Agar bak air tersebut lebih kuat dalam menampung air serta tanaman yang mengapung di atasnya. 

    Ada banyak kelebihan dari cocok tanam hidroponik ini. Antara lain tanaman tidak lagi tergantung pada musim. Tanaman juga tidak tergantung pada listrik yang harus menyala 24 jam penuh. Tata cara hidroponik sederhana untuk pemula juga bisa menghasilkan tanaman dengan panen yang memuaskan. Tanaman juga sehat untuk dikonsumsi serta bernilai jual lebih mahal. 

    Lahan sempit kini bukan lagi sebuah alasan. Semua orang dapat melakukan budidaya tanaman di gedung atau di rumah.

    Kebutuhan Hidroponik anda bisa dapatkan pada menu Store

    Default image
    Lyla GOODPLANT
    Articles: 14

    Leave a Reply

    CV GOODPLANT Indonesia

    Jl Kadisoka Gg Nanas 5 No 21 Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

    Jam kerja Senin-Sabtu 08.00-16.00

    0822 2727 3232

    HOME
    STORE
    ECOURSE
    AKUN