Tips Sistem Hidroponik Sederhana dari Gelas Plastik

Goodplant – Banyak yang mengira hidroponik adalah cara cocok tanam yang mahal. Mengingat banyaknya bahan yang dibutuhkan agar dapat memulai pertanian dengan sistem pertanian ini. Namun sebenarnya ada cara hidroponik sederhana dari gelas plastik maupun barang bekas lain. Misalnya botol bekas pakai atau pipa air yang dialih fungsikan sebagai salah satu media.

Table of Contents

    Kesalahpahaman mengenai biaya ini kemungkinan karena hidroponik industri yang biasa ditampilkan di media besar. Walau sesungguhnya dapat ditekan dengan biaya yang lebih kecil tapi tetap memberikan keuntungan yang lumayan.

    Terlebih lagi usaha hidroponik ini tidak membutuhkan ladang yang luas. Pasalnya dapat dilakukan pada lahan yang sempit, bahkan di halaman rumah perkotaan sekalipun.

    Tidak heran jika kebanyakan warga perkotaan besar kini mulai menggandrungi teknik hidroponik ini. Berbagai tanaman pun dapat dibudidayakan. Antara lain tanaman sayur seperti sawi, selada, kangkung dan bayam. Tergantung dengan keinginan para petani yang mengelola nanti. Cara penanamannya juga sangat sederhana, dapat dipahami dengan mudah oleh pemula.

    Hidroponik Untuk Pemula, Mudah Dipelajari

    Tips Sistem Hidroponik Sederhana dari Gelas Plastik || Goodplant

    Meski baru dikenal oleh masyarakat pada tahun 1960 an, tapi teknik hidroponik ini segera diminati oleh banyak lapisan masyarakat. Hanya saja bagi orang yang baru mengenal cara cocok tanam ini, sebaiknya tidak menggunakan teknik hidroponik skala besar. Pasalnya skala besar seperti ini akan membutuhkan sistem pengairan yang rumit. 

    Hal utama yang harus diketahui dalam hidroponik tersebut ialah pemenuhan nutrisi tanaman serta proses pengairan yang lancar. Bila sistem irigasi ini berjalan dengan lancar, maka pertumbuhan tanaman pun menjadi semakin baik. Terlebih jika didukung oleh nutrisi tanaman yang tepat. Salah satu nutrisi yang bisa digunakan adalah nutrisi AB Mix dari Goodplant

    Penggunaan nutrisi yang tepat akan mendukung tanaman untuk terus berkembang sesuai dengan setiap tahapannya. Bila menanam kangkung atau selada, maka daun pada tanaman tersebut akan nampak lebih hijau dan subur. Begitu juga tomat dan cabe, buahnya menjadi lebih lebar dibanding cara tanam biasa. 

    Pemberian nutrisi pada tanaman ini harus dilakukan sesuai dengan kebutuhannya. Sehingga tumbuh sesuai harapan para petani. Adapun nutrisi yang dijual biasanya berupa larutan atau bentuk padat. Baru kemudian dilarutkan dengan air dalam takaran tertentu. Nutrisi yang diberikan setiap minggunya harus mengikuti PPM yang sesuai dengan jenis tanaman. 

    Tips Hidroponik Sederhana dari Gelas Plastik, Hasil Melimpah

    Cara menanam Hidroponik sederhana dari gelas plastik ini dapat dilakukan oleh siapa saja. Baik bagi para pemula maupun petani yang sudah memiliki pengalaman sekian tahun. Teknik praktis dan tidak membutuhkan media tanam berupa tanah, kalaupun ada tanah yang dipakai jumlahnya sedikit. Wajar jika banyak orang yang melirik cara tanam baru ini.

    Terlebih saat pandemi covid-19 mulai merubah tatanan kehidupan sehari-hari. Di mana hampir semua orang tidak lagi bebas bepergian karena ancaman virus berbahaya. Sehingga lebih banyak waktu luang yang dihabiskan dalam rumah. Daripada waktu terbuang begitu saja, masyarakat pun mulai berminat terhadap cara tanam hidroponik.

    Terutama teknik ini tidak membutuhkan lahan yang luas, dan dapat menggunakan lahan kosong di mana saja. Baik di halaman rumah maupun di atap gedung yang kosong, dapat dimanfaatkan semua. Tidak hanya untuk mengisi waktu kosong, namun juga bisa menambah penghasilan keluarga. Panen dari tanaman hidroponik ini selain dapat memenuhi kebutuhan akan sayur semua anggota keluarga. Dapat juga dijual kepada tetangga maupun pengepul sayur.

    Bila Anda juga berminat untuk mencoba cara ini, tidak perlu khawatir mengeluarkan modal yang banyak terlebih dulu. Pasalnya hidroponik sederhana dari gelas plastik pun tetap dapat dilakukan. Hasil panen dari hidroponik yang menggunakan banyak barang bekas, tidak kalah memuaskan dengan cara lain. Begini penjelasan lengkapnya.

    Menggunakan Gelas Plastik 

    hidroponik sederhana dari gelas plastik

    Ketika ingin melakukan hidroponik sederhana dari gelas plastik, Anda harus memperhatikan beberapa hal dulu sebelumnya. Agar dapat dimanfaatkan secara tepat dan memberikan hasil yang memuaskan. Adapun hal yang harus diperhatikan dengan seksama adalah sebagai berikut.

    Pemilihan lokasi

    Dalam pemilihan lokasi hidroponik sederhana dari gelas plastik, hendaknya Anda memahami secara tepat bagaimana karakter tanaman yang akan disemai. Lokasi yang dipilih tidak harus luas, hanya saja harus bebas dari berbagai kemungkinan terkena polusi dari lingkungan sekitar.

    Anda dapat memanfaatkan pekarangan rumah bahkan ruangan dalam rumah pun bisa menjadi lokasi yang bagus untuk hidroponik sederhana dari gelas plastik. Selain itu yang harus dipikirkan adalah suhu dan pencahayaan yang akan diterima oleh tanaman itu nantinya. Dalam artian, bila tinggal di daerah dengan cuaca lebih sejuk. Maka tanaman seperti strawberry pun dapat dibudidayakan dengan mudah.

    Membuat media tanam

    Tips Hidroponik Sederhana dari Gelas Plastik, Hasil Melimpah || Goodplant

    Setelah memutuskan memakai gelas plastik untuk hidroponik Anda, maka dibutuhkan media tanam yang mumpuni. Saat membuatnya, akan diperlukan alat serta bahan yang akan dimanfaatkan. Pasalnya hidroponik sederhana dari gelas plastik atau botol bekas ini membutuhkan beberapa tambahan alat lain.

    1. Buat lubang di bagian bawah gelas yang akan dipakai dan berfungsi sebagai tempat akar menggapai nutrisi. 
    2. Lubang tersebut minimal berukuran 15 mm agar akar leluasa mendapatkan nutrisi dari media tanam.
    3. Siapkan styrofoam berukuran 2-4 cm, lalu potong bagian bawah styrofoam dengan ukuran yang sama dengan gelas. 
    4. Siapkan sumbu dari kain flanel dengan lebar 3 mm kemudian masukkan ke dalam lubang di gelas plastik.
    5. Masukkan gelas tersebut ke dalam styrofoam yang telah disiapkan. Namun bisa juga ke dalam gelas lain yang lebih besar.
    6. Pada gelas besar tersebut masukkan cairan nutrisi untuk membantu pertumbuhan tanaman.
    7. Masukkan arang sekam sebagai media tumbuh tanaman pengganti tanah di gelas plastik.

    Mulai menanam benih

    Setelah persiapan hidroponik sederhana dari gelas plastik, selanjutnya persiapkan penyemaian benih. Benih yang akan disemai ini hendaknya sudah pasti cocok dengan cara hidroponik. Agar tidak gagal di tengah kegiatan menanam.

    1. Pilih benih berkualitas dengan membelinya di toko yang terpercaya.
    2. Rendam benih yang sudah dipilih di dalam air selama 3 menit.
    3. Buang bibit tanaman yang mengambang di air, karena ini benih yang tidak layak tanam. 
    4. Buat satu lubang pada setiap media tanam gelas plastik.
    5. Jika semuanya sudah dilubangi, masukkan benih tadi lalu tutup lagi lubangnya. 
    6. Tempatkan media tanam tersebut pada lokasi yang menerima intensitas cahaya cukup. Suhu yang ada pada lokasi itu hendaknya juga cocok dengan benih tanaman Anda.
    7. Tunggu hingga benih yang sudah ditanam mulai bertunas.

    Perawatan tanaman

    Setelah melewati masa bertunas hidroponik sederhana dari gelas plastik, langkah selanjutnya tinggal perawatan tanaman hingga tiba masa panen. Perawatannya juga cukup mudah, hanya merutinkan pemberian nutrisi. Kemudian menjaga dari serangan hama maupun penyakit.

    Demikian cara menanam hidroponik sederhana dari gelas yang dapat langsung Anda praktekkan di rumah. Anda dapat membeli peralatan untuk hidroponik ini di Store Goodplant. Begitu juga nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Sehingga tanaman Anda dapat tumbuh dengan subur sesuai harapan.

    Default image
    Lyla GOODPLANT
    Articles: 14

    Leave a Reply

    CV GOODPLANT Indonesia

    Jl Kadisoka Gg Nanas 5 No 21 Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

    Jam kerja Senin-Sabtu 08.00-16.00

    0822 2727 3232

    HOME
    STORE
    ECOURSE
    AKUN