Peluang Usaha Hidroponik, Kian Banyak yang Melirik

GOODPLANT – Bagi orang yang menggemari dunia pertanian, tidak ada alasan untuk berhenti bercocok tanam. Lahan yang sempit masih bisa diakali dengan menggunakan teknologi lain yang bersahabat. Peluang usaha hidroponik  pun menjadi salah satu alternatif bagi para petani yang mengalami kesulitan dalam mencari lahan yang luas.

Table of Contents

    Hidroponik mulai dikenal gemar semenjak tahun 1960 an di Eropa. Semenjak tahun tersebut, pertanian dengan menggunakan media selain tanah terus dipelajari. Media yang digunakan sendiri beragam, tergantung pada ketersediaan yang ada. Ada yang menggunakan rockwood, ada pula yang memanfaatkan sabut kelapa sebagai media tanam.

    Media tersebut kemudian dibantu oleh air yang mengandung unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman. Sehingga meskipun tidak ditanam langsung di tanah, tanaman masih dapat tumbuh dengan subur. Bahkan hasil pertanian menggunakan sistem hidroponik ini cenderung lebih memuaskan dibanding cara konvensional.

    Menikmati Manisnya Untung Dari Peluang Usaha Hidroponik

    peluang Usaha Hidroponik

    Hidroponik semakin marak di Indonesia pada tahun 2014. Penjualan sayur-sayuran yang ditanam menggunakan teknik ini memiliki harga jual yang lebih tinggi. Bahkan hingga kini, permintaan pasar akan sayur hidroponik juga semakin banyak. Sehingga petani kewalahan mengatasinya. Peluang usaha hidroponik pun semakin terbuka lebar bagi para pelaku usaha pertanian.

    Penikmat tanaman teknik hidroponik tidak hanya merupakan masyarakat dari kalangan atas. Kalangan industri seperti bisnis perhotelan, restoran maupun catering juga banyak yang meminta stok sayuran hidroponik ini setiap saat. Ditambah sejak masa Pandemi covid-19 melanda dunia maka peluang jualan sayur dan buah secara online untuk kebutuhan rumah tangga meningkat pesat termasuk jenis Hidroponik.

    Bagi para pemula yang ingin ikut menikmati manisnya usaha dari hidroponik, tentu membutuhkan trik tersendiri agar bisa sukses. Sehingga tidak menanggung banyak kerugian akibat kurangnya pengetahuan dalam bisnis ini. Berikut tips sukses dalam peluang usaha hidroponik.

    Pahami Hidroponik Terlebih Dulu

    Hydroponic and aquaponic garden: green models for urban architecture |  Corradi

    Sebelum terjun langsung ke dunia pertanian menggunakan sistem hidroponik. Sebaiknya pelajari terlebih segala hal tentang sistem hidroponik.

    Pada dasarnya sistem ini merupakan cara cocok tanam yang tidak menggunakan media tanah. Sehingga lahan yang sempit bukan lagi hambatan untuk mengelola sebuah pertanian. Tanaman yang dirawat juga bisa tumbuh lebih subur.

    Hidroponik ini memiliki 2 model instalasi yang lazim digunakan. Pertama adalah Fertigasi Tetes yang digunakan untuk menanam jenis tanaman berbuah. Baik secara hobi rumahan maupun industri kebun besar. Instalasi ini cara kerjanya mengalirkan air nutrisi melewati selang irigasi menuju media didalam polybag dimana tanaman berada dalam bentuk tetesan secara berkala sesuai settingan. 

    Teknik kedua lebih dikenal dengan sebutan NFT yang merupakan singkatan dari istilah Nutrient Film Technique. Teknik NFT cenderung mudah dipraktekkan langsung, bahkan oleh pemula. Termasuk skala industri besar. Instalasi ini digunakan untuk menanam berbagai jenis sayuran berdaun.

    Untuk mendalami hidroponik ini Anda bisa mempelajarinya melalui pakar hidroponik secara langsung. Namun jika kesulitan menemui pakar tersebut di lingkungan sekitar, bisa memanfaatkan media lain. Salah satunya dengan mempelajarinya melalui channel

    Pada channel tersebut dibahas tuntas semua hal mengenai hidroponik. Mulai dari teknik penanaman, cara pemberian nutrisi serta banyak lagi. Semua penjelasan akan dirinci dengan detail, sehingga dapat dicerna dan dipahami oleh para penonton. 

    Buat Perencanaan

    Peluang Usaha Hidroponik, Kian Banyak yang Melirik - Blog Belajar Hidroponik
    Pelatihan Hidroponik di Kebun GOODPLANT Yogyakarta

    Dalam bisnis apapun, sebuah perencanaan jelas dibutuhkan supaya usaha dapat berkembang pesat. Mulai dengan menentukan berapa besar biaya yang dibutuhkan untuk memulai usaha. Dari persiapan penanaman, perawatan hingga panen. Semua harus sudah diperhitungkan berapa modal yang harus dikeluarkan. Termasuk juga dalam peluang usaha hidroponik ini.

    Perencanaan yang telah tersusun dengan baik akan membantu Anda untuk mempersiapkan modal agar tidak usaha dapat terus berjalan. Perencanaan yang buruk dapat menimbulkan kerugian, sehingga bukannya meraih sukses, justru harus merugi karena salah hitung.

    Bagi pemula yang ingin menjalankan peluang usaha hidroponik ini, ada baiknya untuk memulai hidroponik skala rumah tangga dulu. Setelah panen, bisa dipasarkan ke tetangga atau lingkungan sekitar. Begitu pasar telah mengetahui Anda memiliki usaha hidroponik, secara otomatis penjualan juga akan semakin meningkat. 

    Tentukan Jenis Tanaman

    Peluang Usaha Hidroponik, Kian Banyak yang Melirik - Blog Belajar Hidroponik

    Setelah mempelajari seluk beluk peluang usaha hidroponik dan membuat perencanaan, langkah selanjutnya adalah menentukan jenis tanaman. Anda dapat melakukan survei untuk mengetahui jenis tanaman apa yang paling banyak dicari. Serta paling laris di pasaran. Untuk membantu mempertimbangkan tanaman yang akan dipilih, Anda bisa melihat contohnya di bawah ini. 

    • Selada

    Tanaman ini banyak dibutuhkan oleh ibu rumah tangga maupun restoran. Selain selalu dicari, selada juga mudah ditanam dan perawatannya tidak rewel. Harga jual selada juga cukup tinggi.

    • Kangkung

    Tanaman hijau ini semenjak dulu sudah dimanfaatkan sebagai sayur oleh masyarakat di Indonesia. Meski harga jualnya tidak terlalu tinggi, namun tetap menguntungkan untuk dibudidayakan. Pasalnya cara tanam kangkung juga sangat mudah, cepat dan dibutuhkan dalam kuantitas besar.

    • Cabe

    Hampir seluruh kalangan masyarakat Indonesia menyukai cita rasa pedas dari cabe. Makan tanpa sambal, bisa menghilangkan selera untuk makan. Alasan ini pula yang membuat cabe selalu dicari setiap hari, walau cara tanamnya memang sedikit rumit. Namun setimpal dengan hasil yang diperoleh saat panen. 

    Jalin Kerja Sama

    Untuk mempercepat perkembangan usaha dari peluang usaha hidroponik, Anda dapat mencoba menjalin hubungan kerja sama. Bisa dengan hotel maupun restoran yang membutuhkan tanaman hidroponik berkualitas untuk dihidangkan kepada pelanggan mereka. Pastikan suplai sayur dari Anda selalu terjaga, agar bisa mencukupi permintaan dari rekan usaha tersebut.

    Selain menjalin kerjasama dengan hotel juga restoran. Anda bisa pula menghubungi pengepul sayur di pasar agar hasil panen bisa langsung diserap oleh pasar. Cara ini akan memastikan usaha hidroponik Anda akan selalu meraup untung kemudian bertambah besar.

    Manfaatkan Media Sosial Anda

    Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi semakin besar pengaruhnya dalam kehidupan. Namun hal ini bisa disikapi dengan bijaksana, sehingga memberikan keuntungan tersendiri bagi usaha. Salah satunya adalah untuk berpromosi di dunia maya.

    Anda bisa memanfaatkan akun media sosial milik Anda. Baik berupa Facebook, Twitter atau Instagram. Dengan membuat konten yang menarik minat para netizen, Anda bisa memasarkan usaha hidroponik. Sekarang ini masyarakat sudah mulai mengutamakan makanan sehat, peluang usaha hidroponik pun menjadi semakin menggiurkan hasilnya.

    Membuat Pembukuan

    Usaha sekecil apapun, tetap harus memiliki pembukuan untuk mengontrol bisnis. Pengeluaran harus selalu terkontrol, jadi bisa diketahui apa saja yang dibutuhkan agar usaha dapat berkembang. Bila Anda tidak memiliki pembukuan, besar resikonya terjadi kerugian pada bisnis. Jadi jangan pernah remehkan hal satu ini.

    Terus Belajar

    Meski telah mengetahui seluk beluk mengenai peluang usaha hidroponik, bukan berarti Anda bisa santai begitu saja. Terus mempelajari hal-hal baru dapat meningkatkan keuntungan yang bisa didapat. Salah satunya dalam menentukan nutrisi yang cocok untuk tanaman. Misalnya menggunakan AB Mix dari GOODPLANT. 

    Peluang usaha hidroponik ini bisa menjadi alternatif bisnis di masa kini. Di mana virus covid-19 membuat orang tidak lagi bebas pergi keluar rumah. Dengan adanya hidroponik, Anda dapat terus produktif  dalam masa pandemi ini. Bila belum banyak memiliki pengetahuan tentang teknik hidroponik, bisa mempelajarinya di channel YouTube GOODPLANT.

    Default image
    Lyla GOODPLANT
    Articles: 14

    Leave a Reply

    CV GOODPLANT Indonesia

    Jl Kadisoka Gg Nanas 5 No 21 Kadisoka, Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta

    Jam kerja Senin-Sabtu 08.00-16.00

    0822 2727 3232

    HOME
    STORE
    ECOURSE
    AKUN